Palu Diterjang Tsunami, Soraya Haque Minta Jangan Salahkan Alam

Suara.com – Aktris sekaligus presenter Soraya Haque meminta masyarakat berhenti menyalahkan alam atas gempa dan tsunami yang terjadi Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) malam. Menurutnya, daerah Indonesia memang rawan kena gempa. 

“Kita ini orang Indonesia tinggal di daerah rawan, lingkaran api. Di mana memang dikelilingi gunung berapi jadi rawan gempa. Permasalahannya, jangan menyalahkan alam yang selalu mencari keseimbangan,” katanya di Mal Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9/2018). 

Justru, ibu Nadia AM Soekarno ini meminta supaya pemerintah lebih giat memberikan edukasi soal gempa kepada publik. 

“Ini lebih kepada pemerintah khususnya memberikan edukasi kepada masyarakat, biar bisa mengantisipasi jika terjadi gempa,” ujar Soraya Haque. 

“Saya melihat orang Jepang, masyarakatnya diedukasi, siap menghadapi gempa yang terjadi kapan saja. Hal itu harus dibiasakan di kita juga,” imbuhnya. 

Perempuan 53 tahun ini menganggap bencana alam tidak bisa dideteksi dan diprediksi secara akurat termasuk oleh BMKG. Ke depannya, dia ingin masyarakat Indonesia punya bekal yang cukup dalam menghadapi gempa. 

“Bencana ini tidak bisa disalahkan siapa pun juga. Tapi masyarakatnya yang harus diedukasi sebaik mungkin. Kita juga ikut prihatin atas bencana itu,” tutur Soraya Haque.